Kamis, 10 November 2016

Gateway Mode and StandAlone Mode (ClearOS)

Hasil gambar untuk clearos gateway and stand alone mode logo


GATEWAY MODE
Gateway mode adalah mode ClearOS jika difungsikan sebagai Router/Firewall/Server. Dalam mode gateway, ClearOS berperan juga dalam mengatur lalu lintas data dalam jaringan. Mode Gateway membutuhkan minimal dua buah Lancard 

STAND ALONE
Standalone mode adalah mode ClearOS jika difungsikan sebagai Server saja. Dalam mode standalone, ClearOS hanya melakukan service-service Server seperti webserver, mailserver, dataserver, ftp server, proxy server, dll. Oleh karena itu, harus ada router di depan ClearOS yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam jaringan. Mode Standalone hanya membutuhkan 1 buah lancard. Dalam mode standalone, lancard tersebut akan dikenali sebagai External, bukan LAN.
Standalone mode mempunyai dua pilihan, standalone dengan firewall dan standalone tanpa fitur firewall. 
Hasil gambar untuk clearos stand alone mode logo

ROUTER VS SERVER
Banyak yang menyamakan antara Router dan Server (dan beberapa literatur berkata demikian), Cuma menurut saya pribadi, dua hal ini beda.
  • Router : Berfungsi mengatur lalulintas data di jaringan, menuju dan dari device/komputer yang terkoneksi disana. Router juga berfungsi menjembatani antar kelompok jaringan tertentu, misalnya berbeda kelas IP atau berbeda subnet.

  • Server : Berfungsi menyediakan pelayanan khusus kepada client di jaringan. Contohnya adalah  Web server, Mail Server, Data Center, Proxy Server,dll. ClearOS mampu melaksanakan kedua fungsi ini tergantung mode yang dipilih.


NAT (Network Address Translation)
Pengertian dan jenis-jenis NAT sangat luas, tetapi intinya NAT adalah memetakan IP tertentu ke IP yang lain.
Secara umum, NAT digunakan untuk mengkoneksikan IP Private ke internet melalui IP Publik. Keuntungan sistem ini adalah, hanya diperlukan sebuah/sedikit IP Publik untuk menangani banyak IP Private. Hal ini menghemat kebutuhan akan IP Publik yang jumlahnya terbatas dan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk
mendapatkannya.

ClearOS mendukung teknik NAT, baik untuk port maupun untuk ip address.

REFERENSI
http://syahmei.blogspot.co.id/2011/04/topologi-jaringan-komputer.html


Share:
Lokasi: Klaten, Klaten Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers