Selasa, 13 Desember 2016

TCP / IP

Hasil gambar untuk tcp/ip logo png
PENGERTIAN
  Transmissioons Control Protocol/Internet Protocol ata TCP/IP adalah model jaringan jaringan komputer dan rangkaian komputer komunikasi yang digunakan internet dan jaringan komputer yang mirip, yang juga merupakan gabungan dari protocol TCP dan IP sebagai sekelompok protocol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memasikan pengiriman data sampai alamat yang dituju.
    TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet.

Transmissions Control Protocol/Internet Protocol
  Fungsi dari TCP adalah bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer.Sedangkan fungsi IP adalah menyampaikan paket data ke alamat yang tepat
    Untuk menentukan pembagian kelas ini kita memerlukan sedikit kemampuan konversi dari biner ke decimal.Rahasia dari pembagian ini sebenarnya terletak pada 8 bit pertama.

1. Kelas A
Jika bit pertama dari IP Address adalah 0, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas A sebagai berikut: IP Address kelas A biasanya digunakan untuk IP backbond.

2. Kelas B
Jika 2 bit pertama dari IP address adalah 10, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas B sebagai berikut: IP Address kelas B biasanya digunakan untuk IP publik dan ISP.

3. Kelas C
Jika 3 bit pertama IP address adalah 110, maka IP tersebut digolongkan dalam kelas B sebagai berikut: IP Address kelas C biasanya digunakan untuk internet, IP kelas ini yang biasanya kita pakai.

Aplication Layer
    Pada TCP/IP terdapat banyak mempunyai protocol utama, nah protocol utama tersebut adalah.
1. Network Terminal Protocol (TELNET), menyediakan remote login dalam jaringan.
2. File Transfer Protocol (FTP), digunakan untuk saling bertransfer file.
3. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), digunakan untuk mengirim e-mail (electronic mail).
4. Domain Name Services (DNS), digunakan untuk memetakan IP address dalam nama tertentu.
5. Routing Information Protocol (RIP), digunakan untuk protocol routing.
6. Open Shortest Path First (OSPF), protocol routing.
7. Network File System (NFS), untuk berbagi/sharing file dalam suatu jaringan terhadap berbagai host.
8. Hypertext Transfer Protocol (HTTP), protocol yang digunakan untuk web browsing.

Transportation Layer 
    Untuk membentuk sebuah sambungan antara host penerima dan pengirim sebelum kedua host tersebut berkomunikasi dan seberapa sering kedua host ini akan mengirim acknowledgment dalam sambungan tersebut satu sama lainnya. Transport layer hanya terdiri dari dua macam protocol diantaranya yaitu:
- Transmission Control Protocol (TCP)
- User Datagram Protocol (UDP)

Internet Layer
    Berisi protokol yang mempunyai tanggung jawab dalam pengalamatan dan enkapsulasi paket data jaringan. Pada Internet layer terdiri dari beberapa protokol yaitu :
- IP
- ARP
- ICMP
- IGMP

Network Access  
     Layer Network Access Layer adalah gabungan dari Network, Data Link dan Physical Layer. Network Acces Layer menyediakan media bagi sistem untuk mengirimkan data ke device lain yang terkoneksi secara langsung.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers