Kamis, 27 Oktober 2016

Install Monitorix Di Debian Server "Jessie"


Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Instalasi dari Monitorix pada Debian Server "Jessie". Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, saya akan bahas terlebih dahulu tentang Monitorix.

PENGERTIAN
Monitorix adalah alat monitoring jaringan komputer yang secara berkala mengumpulkan data sistem dan menggunakan antarmuka web untuk menampilkan informasi dalam bentuk grafik. Monitorix memungkinkan pemantauan kinerja sistem secara keseluruhan, dan dapat membantu mendeteksi kemacetan, kegagalan, waktu respon luar biasa panjang dan anomali lainnya.
Monitorix adalah perangkat lunak gratis berlisensi dibawah ketentuan versi GNU atau General Public License 2 (GPLv2) yang terbitkan oleh Free Software Foundation. Ia menggunakan RRDtool (ditulis oleh Tobi Oetiker) dan ditulis oleh Perl.

LATAR BELAKANG
Monitorix mampu memantau kinerja sistem jaringan secara keseluruhan dan dapat membantu mendeteksi kemacetan, kegagalan, waktu respon luar biasa panjang dan anomali lainnya.

MAKSUD DAN TUJUAN
Dengan Monitorix kita bisa memonitor performa dari sebuah sistem jaringan sehingga kita dapat mendeteksi adanya kesalaha, kegagalan ataupun anomali yang lain didalam jaringan atau sistem kita. Pilihan Monitorix bisa menampilkan monitoring secara perhari, perminggu, perbulan, bahkan bisa pertahun.

ALAT DAN BAHAN
  • PC terinstall Debian Server
  • File Monitorix
TAHAP PENGERJAAN
* saya menyarankan agar anda membaca situs resmi dari monitorix sebelum melakukan instalasinya. (kalau bisa dipahami).
* remote server melalui terminal dengan SSH
* jika anda belum mempunyai file dari monitorix, bisa langsung download melalui terminal dengan perintah
wget (masukkan urlnya)              (dicontoh saya masukkan difolder smkn7)
* jika kalian membaca dokumen resmi dari monitorix, pasti akan menemukan Depedency (tambahan sebelum install paket utama) yang harus di install. Berikut perintahnya :
apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl
* ketika saya sedang install dependency tsb, muncul pesan error seperti gambar berikut ini. anda diperintahkan untuk install -f, berikut perintahnya :
apt-get -f install         (sama seperti pesan error)
maka proses instalasi depedency akan berjalan kembali dan terinstall sempurna
* Untuk memastikan apakah file monitorix ter-unduh atau belum, lihatlah pada folder dimana letak file monitorix dengan perintah
ls    (contoh : root@smkn7:/home/smkn7# ls)
* setelah file tsb terunduh, lalu install monitorix dengan perintah
dpkg -i nama file     (-i berarti singkatan dari install)
* lalu buka di web browser dengan mengetikkan ipserver:8080/monitorix pada kolom url, misal 192.168.50.2:8080/monitorix. akan muncul tampilan seperti dibawah ini
* setelah anda klik OK, berikut tampilan dari monitorix

HASIL 
monitorix telah selesai di Install.

REFERENSI

Share:
Lokasi: Klaten, Klaten Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers