Selasa, 04 Oktober 2016

Pengertian "Linux"

Linux adalah adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya.

Kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Namun, sampai saat ini pengertian Linux masih banyak diperbincangkan dalam dunia teknologi yang dikenal dengan kecanggihannya.



Dibawah ini beberapa jenis Linux
1. Debian Linux
Linux jenis ini mungkin kurang terkenal dan kurang diminati orang. Namun dari beberapa kalangan teknis menyukai Linux jenis ini karena kstabilannya. Debian Linux ini sangat cocok digunakan untuk server karena kecepatan dan keoptimalnnya.

    






2. SuSE Linux
SuSE dilengkapi dengan Desktop Manager yang sering dikenal dengan KDE. Juga dilengkapi dengan tools untuk central setting yaitu Yet another Setup Tools (YaST) dimana manfaatnya yaitu mempermudah dalam konfigurasi sistem internal serta jaringan security.




3. Redhat Linux
Saat ini redhat linux sudah mencapai versi 9.0. Kemudahan dalam hal instalasi merupakan salah satu kelebihan pada jenis ini.
   







 4. Ubuntu Linux
Ubuntu hadir dengan dua versi, yaitu versi LiveCD dan versi Install. Tujuannya untuk menciptakan Sistem Operasi Desktop yang gratis dengan dukungan aplikasi serta dokumentasinya.








5. Mandriva Linux
Merupakan saudara dari Rendhat Linux, keduanya diproduksi di satu tempat. Pada jenis ini berpotensi dimanfaatkan untuk computer client yang handal. Mempermudah penggunaan dan proses instalasi yang sederhana merupakan tujuan dari diciptakannya mandrake linux.


6. Slackware Linux
Merupakan distribusi linux yang pertama, dimana pada jenis ini pernah mengalami masa kejayaan saat baru sedikit orang yang mengenal atau mengetahui Linux.








7. Linux Mint
 
Adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada Linux Mint. Walaupun inti dari Linux Mint adalah Ubuntu, Linux Mint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.




       Dapat saya simpulkan bahwa Linux adalah sistem operasi untuk PC yang bekerja secara Multitasking dan Multiuser.
     Multi tasking artinya dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, misalnya dapat bermain game sambil melakukan download dari internet. Sedangkan Multiuser artinya Linux mendukung penggunaan aplikasi atau computer untuk melayani beberapa user sekaligus, misalnya sebuah program dapat digunakan bersama-sama pada jaringan Network.


         Sekian uraian singkat tentang sistem operasi Linux. Apabila dari artikel ini anda masih belum jelas, Silahkan cari pada link di bawah ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan maupun dalam penyusunannya.


REFERENSI

http://www.teknologiku.info/pengertian-linux-sebagai-sitem-operasi-komputer.html 
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux


DITUNGGU KOMENTARNYA......
 
Share:
Lokasi: Klaten Regency, Central Java, Indonesia

1 komentar:

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers