Kamis, 13 Oktober 2016

Konfigurasi PPPoE Server Melalui Mikrotik

     
PPPoE atau dikenal dengan istilah Point to Point Protocol over Ethernet adalah sebuah jaringan koneksi Dial-Up yang menggunkan Protokol Ethernet. Pada mode ini, modem melakukan proses Dial-Up dari suatu titik ke titik pusat (server ISP) melalui jaringan.

Kali saya akan berbagi tentang bagaimana cara untuk  Konfigurasi PPPoE Server dengan MikroTik melalui Winbox. 

Berikut langkah-langkahnya,
1. Pastikan anda sudah masuk Winbox.
2. Lalu anda masuk ke Menu Interface..
   - Dalam gambar dibawah ini saya memakai Ether 5.
   - Rename Ether5 menjadi pppoene eky (misal)
3. Menu IP => Pool => tambah baru atau icon +
   - Name = saya isi DHCP_eky.
   - Address = misal saya isi 192.168.4.2-192.168.4.5
     (artinya IP yang akan didapatkan oleh Client yang melakukan Dial-Up yaitu diantara range tsb).
   - Next Pool hiraukan saja.
   - Apply dan OK
4. Masuk ke PPP => Profil => Add New atau +
   - Name = saya isi pppoene ek
   - Local Address = diisi dengan IP dari ether5.
   - Remote Address = DHCP_eky yang sudah saya buat di menu Pool.
   - Jika sudah Apply dan OK.
5. Tab Secret, PPP Secret adalah Username dan Password yang akan digunakan untuk Dial-Up. 
   - Name = saya memakai ppp2 (atau terserah anda)
   - Password = terserah anda.
   - Service = isi dengan pppoe.
   - Profile = pppoene eky (yang sudah saya buat tadi)
   - Apply dan OK. 

6. Masuk PPPoE server
    - Service Name = pppoene eky (isi terserah anda)
    - Interface = ether5.
    - Keepalive = 10 (biasanya terisi otomatis)
    - Default Profile = pppoene eky
    - Centang One Session Per Host.
    - Authentication = pilih Chap dan PAP
    - Jika sudah Apply dan  OK.

Masuk ke langkah terakhir kita membuat Ethernet Networknya.
1. Pada Icon Ethernet Connection klik kanan => Edit Connection => Add
   - Untuk Choose a Connection Type dari Ethernet => DSL => Create
Lalu kita Edit
   - Untuk Connection Name saya biarkan (anda bisa isi dengan nama apapun)
   - Username dan Passsword diisi dengan secret yang sudah dibuat tadi. 
Tab Ethernet
   - Device MAC Address = Klik arah bawah lalu pilih MAC Address tsb.
   - lalu save. 
 Proses Setting PPPoE server dari langkah pertama sampai langkah terakhir sudah selesai, semoga bermanfaat.

TERIMAKASIH 

REFERENSI
http://www.dodiventuraz.net/2015/06/create-pppoe-server-di-mikrotik.html 
http://www.ngabidin.web.id/2014/07/pengertian-modem-mode-pppoepppoa-dan.html

Share:
Lokasi: Klaten, Klaten Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers