Selasa, 04 Oktober 2016

Teknik Komputer dan Jaringan

TEKNIK KOMPUTER JARINGAN



 TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan.TKJ merupakan sebuah
kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi
program komputer. Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK. Program keahlian TKJ
berbeda dengan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak).RPL adalah jurusan yang
mempalajari tentang program-program yang ada di komputer dan jika kita mengambil
jurusan ini kita akan menjadi seorang programmer . Dalam mengambil kejurusan kita
harus tahu dulu apa yang akan kita pelajari dalam jurusan tersebut. Sebelum mengetahui
lebih jauh tentang TKJ lebih baik kita cari tahu tentang apa itu komputer.




Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. 

Jaringan (Network) yaitu sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Masing-masing nodes berfungsi sebagai stasiun kerja (workstations). Salah satu nodes sebagai media jasa atau server, yaitu yang mengatur fungsi tertentu dari nodes lainnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri merupakan perpaduan antara tenologi komputer dan juga teknologi komunikasi.

IP Address adalah (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit untuk IP berbasis TCP/IP.

Sehingga dapat saya simpulkan bahwa TKJ merupakan sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer yang terbangun/terdiri oleh beberapa komponen berupa komputer dan Jaringan serta IP Address sebagai alamat identifikasi.

Demikian uraian singkatnya, untuk informasi lebih lengkap kunjungi link dibawah ini.

REFERENSI
Share:
Lokasi: Klaten, Klaten Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers